Minggu, 08 April 2012

Buruh dan Pelajar Harusnya Dapat Subsidi Tarif Angkutan

Nama : Rabbi Anta Ridha
NPM  : 29210522
Kelas : 2EB18
Tugas Khusus 1

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata, Semarang, Djoko Setijowarno, berpendapat buruh, pelajar dan mahasiswa semestinya mendapat subsidi tarif angkutan umum ketika harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jadi dinaikkan pada 1 April mendatang.
"Buruh, pelajar dan mahasiswa mestinya dapat subsidi tarif angkutan umum sehingga bayar transportasi umum dengan kisaran Rp 2.000-Rp 2.500," ujar Djoko kepada Kompas.com, Jumat (30/3/2012).
Djoko mengatakan, besaran tarif Rp 2.000-Rp 2.500, sesuai dengan gaji buruh yang kurang dari Rp 1 juta, di mana 10 persennya digunakan untuk biaya transportasi. Menurut dia, persentase tersebut masih sesuai dengan standar Bank Dunia. "Sementara pelajar dan mahasiswa dengan tarif segitu agar selain mengurangi pengeluaran rumah tangga akibat harga BBM naik, juga agar banyak yang mau menggunakan angkutan umum," tambah dia.
Djoko menilai, naiknya harga BBM bisa mendorong pelajar dan mahasiswa untuk lebih menggunakan moda transportasi sepeda motor. Jika seperti itu, kecelakaan bisa semakin meningkat. Ia mengemukakan, selama ini, korban kecelakaan sepeda motor umumnya masyarakat yang berusia produktif yakni 15-30 tahun.
Oleh sebab itu, kata Djoko, tarif angkutan umum yang murah secara tidak langsung bisa menurunkan tingkat kecelakaan sepeda motor tersebut. "Sekitar 70 persen kecelakaan lalu lintas korbannya adalah usia produktif pengguna sepeda motor di pagi hari," pungkas dia

Penyelesaian : Saya sangat sependapat dengan bapak Djoko Setijowarno,bahwasanya kunci dari segala permasalahan yang terjadi di negri kita ini secara tidak langsung adalah BBM,jika harga BBM stabil dan sesuai dengan daya beli masyarakat maka semua permasalahan tersebut diatas tidak akan terjadi.Karena dengan harga BBM yang murah maka akan banyak pelajar yg menggunakan angkutan umum,pelajar juga lebih merasa nyaman karena tidak terlalu capek mengendarai sendiri dan juga akan mengurangi kemacetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar